hasil penelitian

PENGARUH DISAIN KOMPENSASI INSENTIF TERHADAP KINERJA MANAJER PUNCAK DAN PEKERJA PRODUKSI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh disain kompensasi insentif terhadap kinerja top manjemen dan pekerja serta menguji peran motivasi sebagai variabel intervening.

Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebar kuesioner ke manajer puncak dan pekerja perusahaan manufaktur di Jawa Tengah.Pengujian hipotesis dengan regresi berganda. Terdapat 3 hasil penelitian. Pertama, menunjukkan disain kompensasi insentif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja manajemen puncak dan pekerja. Kedua, motivasi bekerja tidak mempunyai peran sebagai variabel intervening. Ketiga, bonus tahunan bukan merupakan desain kompensasi insentif yang dominan untuk manajer puncak, tetapi yang dominan adalah insentif jangka panjang dalam bentuk saham. Untuk pekerja, desain kompensasi insentif yang paling berpengaruh terhadap kinerja adalah insentif kelompok.

Kata kunci: kompensasi insentif, motivasi

Comment Here ↓